Pages

Berbagi pengalaman : Belajar Bahasa Korea

Cingu, kali ini mau share tentang pengalaman belajar bahasa korea. Belajar bahasa korea itu fleksibel banget, enak. Kalau kamu bosen nulis huruf kotak-kotak pindah aja nonton drama korea kalau males nonton buka aja Ipod atau setel musik K-pop dari hapemu atau kalau lagi males ndengerin tinggal tidur aja kali ya XD Intinya belajar bahasa korea itu bisa dimana saja dan melalui apa saja.

Selama ini aku udah pake semua metode di atas. Pertama, ndengerin musik. Musik emang bahasa universal i mean nggak cuma untuk ngehibur juga tapi musik bisa ngajarin kita ngomong dan maybe someday kita bisa berkomunikasi langsung dengan orang korea hanya dengan ndengerin musik korea. Ada kelebihan sama kekurangannya juga. Ndengerin K-pop itu bisa nambah vocab kita. Kekurangannya seringnya aku tau ada kata "itu" tapi nggak ngerti tulisannya gimana. Klasik sih, ini kalau kita belajarnya lewat musik. Tapi dari ndengerin musik kita jadi tau banyak banget kata-kata asing. So, cobalah amati satu-dua lagu tapi fokus di kosakatanya biar kita ngerti hangug munbob/ tata bahasanya juga.

Kedua, nonton drama. Kalau kamu sering nonton drama (yang enggak di-dubbing lho ya :p) dijamin tanpa les dan dengerin musikpun kamu jago bahasa korea. wkwk. Kendalanya mungkin kalau kita cuma nyediain waktu sedikit banget buat nonton drama korea jadi nggak terlalu konsen dan ketunda-tunda. Nonton drama ada kelebihan sama kekurangannya juga. Dari drama kita bisa ngerti kata "ini" nada pengucapannya gimana dan nambah vocab juga. Kekurangannya masih sama kayak dengerin Kpop yaitu kita nggak ngerti penulisannya gimana. Ditambah lagi drama itu berbelas-belas episode, jadi butuh alokasi waktu khusus untuk nyeleseinnya. Tapi belajar dari drama efektif kok, sejauh yang tak coba, excited kalau dapet kosakata baru :D

Ketiga, dari Variety Show. Dari drama kita bisa lihat cara pengucapan dan kata apa aja yang sering diucapin dalam keseharian orang korea ketika berkomunikasi. Jadi, kita tinggal niru aja, Nah, kalau variety show itu lebih real lagi. Cara marah mereka, cara mereka mengungkapan perasaan atau jokes dan sebagainya natural selayaknya orang korea sehari-harinya. Makanya butuh juga kita nonton variety show gitu. Kekurangannya ya kadang-kadang keteteran sama cara ngomongnya orang korea, cepet banget soalnya. hehe. Tapi enak kalau belajar dari variety show soalnya biasanya ada hangul-nya pas diputer variety shownya jadi udah lewat proses editing yang sedemikian rupa sama tim produksinya walau nggak seberapa juga sakjane yang ada hangul-nya hehe. tapi itu cukup membantu :)

Keempat, udah ndengerin musik? nonton drama? nonton reality show? Sekarang waktunya belajar menulis! *evilsmile* LOL. Dulu aku emang nggak les bahasa korea sih, jadi otodidak dari ngapalin vocab sampe ke nulis hangulnya. Untuk hangul nggak perlu guru juga bisa kok. Kita punya sebuah teknologi bernama Mbah Google wkwk. Sekarang di Google udah banyak banget tutorial belajar hangul gratis, so tinggal download aja. Kalau otodidak emang agak susah, kamu harus giat berlatih tanpa ada yang maksa-maksa. Kalau les biasanya di suruh-suruh terus sama Songsenimnya biar terlatih. Tapi kalau niat nggak masalah kok. Untuk tata bahasa SPOK juga bisa dipelajari sendiri. Gampang kok, kalau mau. Dan jangan bilang kalau bahasa korea itu susah! Itu tidak akan membantumu sama sekali dalam progress belajar. ---> pengalaman ceritane. Kalau otodidak memang sering banget bingung jadi siapin mental dulu yang utama wkwk.

Kelima, cari komunitas yang seragam biar bisa mraktekin apa yang udah kamu pelajari. Nggak mungkin kan ngajak orang rumah ngobrol bahasa korea? padahal keluargamu biasanya ngomong sehari-hari bahasa jawa ---> curcol meneh iki #doh. Nggak harus komunitas yang ketemuan langsung, cukup gabung di jejaring sosial yang update korean news kamu udah bisa mraktekin bahasa koreamu. Ntar rajin-rajin aja nge-mention fanbase pake bahasa korea. Thats fun!

Keenam, sekarang aku berada pada titik ini. Semua udah kamu lakuin? Sekarang saatnya menguji kemampuanmu dalam berbahasa korea. Kalau option ini nggak wajib dan nggak terlalu penting sakjane. loh? wkwk. Keenam adalah Les Bahasa Korea. Loh kok les? Hahaha. Njuk apa gunanya tadi belajar banyak banget gitu onnie? Kalau kamu memutuskan untuk otodidak selamanya bisa kok tapi jangan lupa sama yag namanya ujian/test/kuis. Carilah soal-soal untuk mengasah kemampuan kita berbahasa korea. Ntar bisa dilihat disitu kita ini sampe level mana. Berhubung aku pengen ikut TOPIK juga, someday aamiin, jadi aku ikut les. Begitulah :) Sekalian nyari info all about korea di tempat les. Untuk les sendiri Bahasa Korea emang masih agak mahal. Tapi bukan berarti nggak ada yang murah lho. Buktinya aku bisa dapet yang murah. So, rajin-rajin aja cari info.

Itu tadi aku nge-share pengalaman belajarku. Semoga bermanfaat nggih. Hwaiting!

5 komentar:

Anonim mengatakan...

chingu orang jawa y? kok ada kata sakjane ? :D

Noviati Wani Wibawati mengatakan...

iya :p

Punya.Tia mengatakan...

Anyeong haseyo chinggu!! waah..tips bagus tuh.. Kayanya Bhs Korea Chinggu lancar kali. haha.. saya juga sedang tertarik ke bahasa korea, tapi masih kebingungan cara bikin kalimatnya..hehe…

Apa chinggu udh pernah ke Korea ??? Gw share info event utk pecinta Korea. Ada lomba tulis cerita pengalaman. Soalnya saya kemarin dapet tag dr temen, di facebook Korea Tourism Organization Indonesia, ada lomba nulis pengalaman tentang Korea namanya my winter story kalo ga salah, lumayan tuh hadiahnya tiket gratis ke korea.. coba lihat langsung di FBnya aja.. tulis pengalaman2 u ini.. cerita u lumayan lho..

salam,
Stylish Generation

Noviati Wani Wibawati mengatakan...

wah, telat ni mbales komen atas ane. sebenernya udah tau dari jauh hari ada event itu, cuma saya agak males sama event lomba yg harus dipost di fb dan suruh orang ngelike, errr nggak ngeh gitu. btw, thanks for info gomawo udah berkunjung :)

Anonim mengatakan...

ihhhh... bagus bgd tulisannya.. bermanfaat onnie..
gumawo... :D

Posting Komentar

 

Copyright © Thipposite. Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online