Pages

Commemoration of History : Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Monumen Jogja Kembali- Monjali - adalah sebuah monumen yang terletak di Yogyakarta berbentuk kerucut dan berada di tengah-tengah sebuah kolam. Monumen ini didirikan pada tanggal 29 Juni 1985 dan selesai dibangun pada tanggal 6 Juli 1989. Masih ingat dengan tragedi Serangan Oemoem 1 Maret? Monumen ini tidak bisa lepas dari peristiwa bersejarah itu.


Makna nama Monumen Jogja Kembali adalah berfungsinya kembali Pemerintahan Republik Indonesia, sebelum itu ibukota negara sempat dipindah-pindahkan. Hal ini sekaligus menandai ditarik mundurnya tentara Belanda dari Ibukota Yogyakarta pada tanggal 29 Juni 1949.

Monumen ini terletak di Ring Road Utara Yogyakarta. Selain bisa belajar sejarah, pengunjung dimanjakan dengan adanya berbagai permainan. Ada juga pameran makanan, pemancingan, dan gazebo-gazebo untuk rehat sejenak. Di akhir tahun 2011, Monjali meluncurkan sebuah inovasi baru yaitu taman lampion atau taman pelangi. Taman Lampion ini dibuka pukul 17.00 WIB. Pengunjung akan dimanjakan matanya dengan lampion-lampion dengan berbagai bentuk. Lampion terbagi menjadi 3 aneka yaitu makhluk darat, udara dan laut. Lampion-lampion ini dipasang mengitari monumen. Dan bagi Anda yang pecinta cartoon, terdapat dua tokoh cartoon yang diabadikan menjadi lampion di sana yaitu Nemo Dori dan The Sheep.


Monumen ini buka setiap hari kecuali hari Senin, dengan pengecualian jika Senin hari libur nasional maka akan tetap dibuka. Tiket masuk seharga Rp7500 dan jika pengunjung berjumlah 30 orang maka akan mendapat dison 10%. Tiket Monumen sudah termasuk tiket Taman Lampion. Di dalam monumen, pengunjung akan menemui dorama-dorama yang disertai audio adegan peristiwa-peristiwa sejarah. Selain itu, ada patung-patung yang mengilustrasikan tragedi-tragedi semasa penjajahan Belanda. Dan berbagai benda-benda serta lukisan/gambar bersejarah.


Tertarik? Silahkan berkunjung ke sana :')

















0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Thipposite. Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online