Pages

Resensi Buku : Seoulvivor, Jalan- jalan ke Korea ala K-Popers

Judul buku   : Seoulvivor
Genre         : Travelling
Penulis        : Lia Indra Andriana &Tatz 
Cetakan      : Pertama, November 2011 
Harga         : Rp51000
Penerbit      : Penerbit Haru
Jumlah hlm  : 211+ Peta Korea + Kupon diskon pertunjukan + Halaman Author 

Setelah meggebrak dunia baca Indonesia dengan novel “Oppa & I”, penerbit haru meluncurkan sebuah buku travelling berjudul Seoulvivor. Seoulvivor bercerita tentang dua orang wanita asal Indonesia yang mencoba melakukan perjalanan ke negeri gingseng. Dimulai dari pembuatan visa dan segala kesulitan yang ditemui di kantor imigrasi Indonesia sampai hari-hari yang mereka jalani di sana, semua dibahas tuntas dalam buku ini. 

Buku ini membahas detail tempat-tempat di Korea, tidak hanya tempat hiburan lho tetapi juga ada wisata sejarahnya, mulai dari HTM, Rute yang ditempuh melalui subway, sampai jam buka dan tutup. Buku ini dibagi menjadi beberapa bab/bagian, ada General information (berisi kilasan informasi tentang Korea, seperti akomodasi, transportasi, makanan, T-Money/Korean pass dll), The Story (Berisi cerita perjalanan penulis mulai dari pencarian apartemen sampai menghabiskan hari-hari di Korea sana), Hallyu Wave Journey (berisi kunjungan ke beberapa k-pop spot seperti label entertainment Korea, Official Shop, Lokasi syuting drama dll) dan yang terakhir adalah Itinerary, Budgeting dan Random Facts (Berisi perkiraan biaya tinggal di Korea, fakta-fakta tentang Korea). 

Buku ini bisa dijadikan panduan bagi temen-temen yang memang mau mengadakan perjalanan ke Korea atau punya rencana ke sana. Di dalamnya terdapat panduan rute subway atau kereta yang cukup jelas bagi para backpackers, beserta harga tentunya. Contoh tempat yang dikunjungi penulis adalah Suwon Hwaseong Fortress (Benteng Hwaseong), Sejong Iyagi (Museum Raja Sejong : pencipta huruf Hangeul), Cheongwadae atau Blue House (Istana kepresidenan Korea Selatan) dll. Selain wisata sejarah tentu ada juga wisata hiburan seperti ke Hongdae (salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Korea), Lotte World (taman hiburan), bahkan sampai berkunjung ke label enterntainment ternama di Korea seperti SM. Entertainment (Super Junior, Shinee, SNSD, Boa dll), JYP Ent (2PM, 2AM Miss A) dan YG Ent (Big Bang,2NE1). 

Banyak hal dibahas di buku ini, deskripsi di atas bahkan bisa dibilang masih kurang dari 10% dari apa yang ada di buku. Meski buku ini tidak terlihat tebal, isinya cukup mengakomodasi keingintahuan pembaca mengenai bagaimana keadaan Korea itu sendiri. Sayangnya buku ini hanya membahas permukaan Korea saja, belum sampai menggali lebih dalam tentang negeri gingseng itu sendiri. Tentu hal ini sesuai kapasitas mereka sebagai fangirl yang memang berniat memuaskan keinginan mereka sendiri, jadi bisa dibilang sesuailah :). Buku ini highly recommended buat temen-temen yang pengen, berencana, atau mau berangkat ke Korea. Jangan nyesel ya habis beli buku ini, soalnya efek kejiwaannya luar biasa besar lho. Tahu kan maksudnya ? :p

***

Catatan penulis resensi : 
"Awalnya agak ragu beli buku ini, soalnya halamannya cuma 200an. Pikirku buku travelling 200an halaman ditambah berbagai foto di dalamnya bukannya cuma dikit ya isinya? Tapi karena rekomendasi dari orang-orang yang katanya bagus banget, yasudahlah belilah diriku buku itu. Ini pertama kali aku baca buku travelling plus ke Korea pula, otomatis excited banget. Dan baru 50 halaman kubaca ternyata betul, bukunya bagus. Ada perincian rute perjalanan untuk tiap tempat, cuma mungkin pendeskripsian setiap tempat masih kurang. Tapi cukup okelah buat ngilangin rasa penasaran Korea itu kayak apa. Overall, nggak nyesel beli buku ini. Dan sepertinya nggak cuma k-popers yang bakal excited baca buku ini, tapi general bakal suka sama buku ini asal mau mulai ngebaca aja, karena dipikir-pikir bukunya cukup netral kok. Jadi rekomendasi bisa buat siapa aja dan latar belakang apapun cmiiw" 

Author : 
Noviati Wani Wibawati

3 komentar:

rendy pratama mengatakan...

info menarik, saya juga dapet banyak info tentang jalan-jalan ke Korea dari Korea Tourism Organization Indonesia

Tatz mengatakan...

Thanks ya sudah beli bukunya dan juga mereview, very appreciated ^^

Noviati Wani Wibawati mengatakan...

aduh bangga banget bisa dikomen sama penulisnya ^^
sama-sama, bukunya bagus nggak nyesel belinya. mungkin kalo mbak berkenan ngasih gratis buku yang lain, boleh lho saya terima dengan senang hati :p

Posting Komentar

 

Copyright © Thipposite. Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online