Pages

Haru dan Aku: More than a novel




Penerbit haru itu salah satu penerbit buku lokal yang suka aku gembor-gemborin ke temen-temenku untuk dibeli bukunya. Berhubung aku emang suka baca novel jadi memang bukan Haru aja yang aku tawar-tawarin ke orang-orang tapi Haru ini punya ciri khas yang nggak dipunya penerbit lain yaitu identik korea selatan. Mungkin bagi sebagian orang ini agak aneh ya apalagi penulis-penulis muda yang mau ngirim naskahnya ke Haru harus dibatasi dengan genre korea, tapi justru itu bisa jadi ciri khas kalau menurutku lho. Kalau di istilah management ada yang namanya spesialisasi, dan itu cocok untuk Haru. Ketika orang kepikiran novel genre korea dia pasti langsung keiinget Haru, ibarat kamu inget odol ingetnya pepsodent *eh

Pertama kali aku tau Haru itu dari twitternya. Dulu nggak pernah tertarik dengan cuap-cuap adminnya di twitter yang kekeuh abis nawarin produknya. Tapi semenjak aku gabung di KU forum aku jadi tertarik gara-gara resensi My Boyfriend’s Wedding Dress.Saat itulah akhirnya aku memutuskan beli novel itu di gramedia. Pas udah di beli langsung lah dibaca dan sehari abis. Aku hampir nggak bisa berkata-kata baca novelnya. Akhirnya aku cari-cari lagi novel sejenis terbitan Haru dan nemu So, I Married the Antifan. Berlanjut sampai novel terakhir yang aku dapet adalah Seoul Cinderella, sampai sekarang aku udah punya 10 novel Haru. 

Makan ati sama ni penerbit pernah. Jadi waktu itu aku beli So, I Married the Anti Fan dan ada halamannya yang nempel sampe tiga-empat halaman. Padahal aku tipekal orang yang kalau ada errorr dikit di buku mood baca jadi langsung turun drastis. Alhasil protes lah di facebook dan untungnya ditanggepin. Sosmed Haru ini lumayan bagus karena suka nanggepin komentar pembaca.  Sebenernya sampe sekarang aku masih punya unek-unek terkait font yang dipake haru buat novelnya. Di beberapa novel terjemahan korea kayak My Boyfried Wedding Dress, 4 Ways to Get a Wife, sama Cheeky Romance spasi dan fontnya nggak ideal banget. Terutama di My Boyfriends Wedding Dress sama 4 Ways to Get a Wife fontnya gede tapi spasinya pelit banget. Novelnya jadi keliatan tipis padahal kalo dibaca padet banget, apa emang lagi ngehemat kertas? Semoga nggak gitu-gitu lagi deh besok-besok.

Ada lagi unek-unek ni terkait pemasaran. Beberapa bulan lalu aku lagi pengen setengah mati beli Cheeky Romance. Aku nyari di gramedia sudirman jogja kosong. Alhasil aku memutuskan pulang dan berencana besoknya ke sana lagi. Akhirnya aku ke sana lagi besoknya dan ternyata masih kosong. Padahal Cheeky Romance udah masuk di inventaris gramedia. Eh usut diusut sampe ke gramedia Ambarukmo Plaza sama Malioboro itu kosong semua stoknya. Alhasil lemes banget udah mondar-mandir dan nggak ada dimana-mana. Akhirnya aku beli di online shop bukabuku.com , eh taunya di sana ready stocknya lama banget. Walau akhirnya novelnya emang dateng sih but it took more than 14 days

Jujur kalau aku lebih setuju Haru emang berspesialis nerbitin novel korea aja. Orang-orang kayak aku ini kemungkinan banyak banget ditemukan. Suka banget drama korea tapi hampir nggak ada alokasi waktu untuk nonton, alhasil baca novelnya Haru yang emang nggak beda kayak nonton drama korea. Oiya, aku ada usul ni buat Haru. Baca novel Haru itu kan harus senyaman mungkin ya, karena nggak cuma baca ibaratnya kita juga kayak nonton drama tu. Mungkin Haru bisa mengadopsi ide penerbit sebelah yang suka ngasih ilustrasi di novelnya. Entah mau dikasih ilustrasi atau apapun deh yang jelas di dalem novelnya. Masalahnya Haru itu fontnya udah datar, spasinya juga, ditambah dalemnya juga polos. Coba dikreasikan kayak novel terbitan penerbit-penerbit lain itu lho. Cover sih bagus pake banget malah. Menarik banget dan beda, tapi coba dalemnya lebih diperhatikan. 

Kalau terkait promo, nah ini penerbit emang jagonya. Nggak kebayang sih betapa costly harus mendanai fanbase-fanbase dan beberapa forum untuk ngadain gratisan novel Haru. Wow itu keren banget. Dan sekaligus inspiratif banget! 

Semoga Haru semakin jaya ya! Tetep konsisten sama genre koreanya ! Dan jangan sampe nerbitin fanfict hahahaha. Jadilah berbeda !

@noviatiwaniw

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Thipposite. Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online