Pages

Buang Kata 'Adil'-mu ke Tempat Sampah

Terus saja kau gembor-gemborkan visi misi politikmu itu, sesuatu yang kau sebut a-d-i-l. Well, apa itu sebenarnya adil? Berbicara tentang Indonesia, berarti kita bicara masalah pendidikan yang masih sulit dijangkau masyarakat kecil. Beberapa waktu lalu, saya diminta untuk menulis sebuah essai oleh badan press kampus tentang pendidikan indonesia yang mahal. Sebenarnya, pemerintah sudah berusaha untuk mengatasi masalah kritis tersebut. Dengan apa? Salah satunya -untuk perguruan tinggi- dengan beasiswa dari pemerintah untuk yang tidak mampu. Ini yang akan saya tulis disini, catat t-i-d-a-k m-a-m-p-u. Nyatanya? Apakah tepat sasaran?

Beberapa anak yang mendapat beasiswa ini merasa tidak pantas dan terkurung dalam rasa bersalah mereka sendiri. Sebentar, siapakah mereka? Orang-orang ini justru adalah orang-orang yang memang masuk kategori tidak mampu. Sebagian besar lainnya, merekalah orang-orang yang mengklaim diri mereka tidak mampu nyatanya keluarganya sangat mampu untuk membiayainya sekolah/kuliah. Apa sebenarnya yang terjadi?

Saya sedang bicara tentang sebuah institusi elit di indonesia, yang darinya telah lahir tokoh-tokoh bangsa bahkan dunia. Mental seperti inikah yang dimiliki calon pemimpin bangsa? Enyah sajalah kalau begitu. Berapa banyak anak-anak yang telah kehilangan haknya karena pemikiran sempit dan bodoh orang-orang tadi? Menyedihkan.

Pemerintah sudah berusaha semaksimal mungkin untuk pemerataan itu agar terjadi, tetapi tidak semua hal menjadi tanggung jawab pemerintah kan? bagaimana dengan kita? pelajar, mahasiswa, masyarakat dan warga negara hanya diamkah? Tak usahlah kita menuntut keadilan pada pemerintah, kalau kita sendiri tidak bisa adil pada diri kita, masyarakat dan lingkungan kita. Tak usahlah sok-sok-an bercita-cita ingin mengubah dunia agar lebih baik kalau kau tak pernah memulainya dari dirimu sendiri. Siapa  yang akan percaya? Siapa lagi kalau bukan dirimu sendiri kan? 

Buka mata kita, hati kita. Kalau mentalitas calon pemimpin bangsa saja sudah seperti ini, jangan harap indonesia akan lebih baik ke depannya nanti. Buang saja kata 'adil'-mu itu kalau kau tak bisa memulai dari dirimu sendiri.






0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Thipposite. Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online