Pages

Resensi Novel : Negeri Para Bedebah

Judul          : Negeri Para Bedebah
Genre        : Ekonomi Politik
Penerbit    : Gramedia Pustaka Utama
Halaman   : 433halaman
Harga       : Rp60.000

Fiksi mendekati nyata!

Itulah komentar yang akan saya layangkan pada karya Tereliye satu ini. Memiliki background seorang akuntan, dia pandai memainkan intrik-intrik perusahaan yang ia ketahui dan menghasilkan sebuah karya yang luar biasa-yang saya yakini hanya bisa dihasilkan oleh sarjana ekonomi.-


Tommi mengaku sebagai seorang konsultan keuangan profesional, fakta itu hancur ketika ia dimintai pertolongan oleh Om Liem untuk menyelesaikan kasus Bank Semesta. Dalam perjalanannya menyelamatkan Bank Semesta, ia bertemu dengan Julia. Julia adalah seorang wartawan newbie yang terkenal akan kekritisannya, yang pada akhirnya menjadi salah satu helper dalam kasus Tommi. 

Novel ini sarat akan dunia politik ekonomi. Bung Tere berhasil membawa pembaca yang awam pada kosakata ekonomi menjadi paham akan sistematik dan alur pemecahan sebuah kasus banking. Bung Tere berhasil menciptakan konflik yang luar biasa dan sangat dirancang dengan rapi sehingga pembaca mampu menjaga mood baca mereka sampai akhir cerita.

Satu kekurangan dari novel ini adalah cerita yang nggak masuk akal. Tommi hanya punya waktu tiga hari sampai pembukaan Bank Semesta pada hari Senin. Dalam kurun waktu tersebut, mustahil seorang Tommi melakukan pelobian dengan banyak pihak penting. Beberapa kali diceritakan ia terbang ke luar negeri dan daerah dalam negeri lain untuk bertemu dengan orang-orang kunci dalam penyelamatan Bank Semesta dari penutupan. Dan itu officially mustahil dilakukan di dunia nyata. Tapi Tereliye berhasil menutupi keanehan itu dengan alur cerita yang membuat pembaca tegang selama membaca sehingga nyaris tidak menyari kemustahilan itu. 

Ending dalam cerita ini jelas menjadi fokus selanjutnya. Mungkin saya bisa bilang bahwa novel ini tidak punya closing story. Kenapa? Tidak ada kejelasan akhir mengenai tokoh-tokoh terlibat. Padahal, disebutkan banyak sekali tokoh-tokoh penting dan kunci dalam cerita ini. Kurang puas di akhir, tapi tidak mengurangi kepuasan membaca novel ini. 

Will waiting for a great novel which is the story are going about economics like this!

Rating : 4 dari 5

1 komentar:

Adientia Febrina mengatakan...

Nophiee.. enak bgt sih sempet" baca novel. Kangen nih kyknya novelmu banyak nih, pokoknya libur semester 3 boking novelmu.. haha

Posting Komentar

 

Copyright © Thipposite. Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online