Pages

Mengapa fanfiction?



Fanfiction sebenarnya bukan satu-satunya genre yang saya dalami. Bahkan dibilang dalem ya belum karena masih sekedar di permukaan. Fanfiction adalah salah satu genre yang sangat diminati di Indonesia. Penggemarnya ribuan orang dan mampu mendongkrak rate blogwalker. Mengapa fanfiction? Bisa dibilang karena tergerus arus hallyu wave saya jadi ikut-ikut-an terjun ke dalamnya. Saya bukan author yang suka bikin fanfiction sampai berbelas-belas chapter- kalo itu sih saya lebih suka jadi reader aja hehe. Tapi pernah juga sih bikin chapter-an dan nggak rampung wkwk. Hal yang saya suka dari dunia fanfiction adalah apresiasi pembaca yang sangat tinggi. Dulu awal-awal nulis, tulisan saya masih acak-acak-an dan nggak banyak ngerti kosakata bahasa korea yang dipake. Tapi komennya tetep ada dan bisa dibilang lumayan banyak. Mereka juga ngasih advice banyak di fanfiction pertama saya itu. Pokoknya pembacanya sopan-sopan. Yah, tapi ada juga yang bad attitude kayak tukang copas dan jiplak fanfict. Pernah sekali saya mengalami dan yah lumayan geram.


Tapi sejujurnya saya lebih suka nulis flashfiction. Sekali oneshoot selesai. Makanya dari SD bikin proyek novel sampe sekarang nggak selesai. SD pernah bikin serial di buku dan nggak tau nasibnya gimana. SMP pernah bikin draft novel tapi komputernya rusak --" akhirnya draft-nya ilang. Waktu SMA  lebih suka explore fantasi. Dan sedikit banyak berlangsung sampai sekarang. Menulis itu lebih seperti kebutuhan. Jadi agak susah kalo dipaksa. Biasanya tergerak nulis kalo ada sayembara nulis dari penerbit. Baru deh nulis. Apalagi kuliah gini nggak tentu kapan free-time untuk pengembangan diri. Untuk nyari waktu luang baca novel aja sulit. Tapi yah disempet-sempetinlah. Selain fanfict dan flashfict, agaknya fantasi juga punya pasar yang lumayan besar di Indonesia. Bisa dicoba untuk mendalami ^^

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Thipposite. Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online