Pages

(Profil+Studi Kasus Singkat) Maicih , Bermula dari Twitter Melenggang ke Industri Nasional


Siapa tak kenal Maicih? Maicih adalah sebuah industri kecil makanan dari Bandung yang memproduksi keripik setan dengan aneka level. Mengintip sedikit profil usaha ini di web officialnya Vrofil Maicih , Maicih lahir dan terangkat kepopulerannya dari jejaring sosial twitter. Bermula dari twitter, sang pemilik Dimas Ginanjar Merdeka atau lebih sering dipanggil Bob mempromosikan Maicih dengan hastag Maicih. Lalu berlanjut dengan pembuatan akun twitter official bagi industri ini, hingga akhirnya bisa sebesar saat ini.

Ada yang menarik dari industri ini. Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang mereka canangkan adalah 1 Coin 1 Leaf. Untuk setiap output penjualan disisihkan Rp100,00 untuk disumbangkan pada organisasi kepedulian dan perbaikan lingkungan. Selain itu, logo Maicih yang mengangkat nilai kesederhanaan dan legowo dalam menghadapi kerasnya kehidupan telah menjadi satu daya tarik tersendiri. Maicih juga memberi perhatian pada seni kebudayaan Sunda terutama pada musik tradisional, tarian, bahasa dan pakaian adat. Menarik bukan?

Didirikan Juni 2010, Maicih kurang dalam periode dua tahun sudah menjangkau pasar Jawa dan sekitarnya. Mereka memberikan julukan khusus bagi distributor dan konsumennya yaitu anak emak untuk disributor dan incu emak untuk konsumen/ pelanggan.Strategi penjualan yang dilakukan olehnya pun unik. Konsumen harus "mengejar" bukan didatangi oleh produsen. Inilah yang menjadi point of interest dari produk ini. Sistem word by word yang berjalan secara tidak langsung mengakomodasi produsen untuk sekaligus melakukan promosi. Berbeda dengan industri kecil lain, mereka tidak menjual produk mereka pada para pengecer tetapi menggunakan sistem ditributor resmi. Setidaknya itu yang saya temukan di kota tempat saya tinggal, Yogya. Hal ini tentu membuat industri ini sedikit "aman" dari persaingan keripik setan nasional. Maicih melakukan diferensiasi dalam hal sistem penjualan.That's the key of this industry.

Diferensiasi produk adalah sebuah kunci dalam memasuki pasar saat ini, terutama untuk indutri primer seperti makanan, pakaian dan kebutuhan sehari-hari lain. Diferensiasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, contohnya Maicih dalam hal distribusi produknya. Selain itu, pembeda lain bisa dari harga, kualitas, packaging dan bentuk produknya. Industri Indonesia mulai mendapatkan ritme persaingan output produksi yang sehat dan senantiasa update terhadap perubahan saat ini. Sehingga, industri lain mau tak mau harus mengejar kemajuan sistem produksi maupun maupun distribusi yang telah berkembang pesat.

Ke depannya akan banyak ditemui lebih banyak lagi industri-industri kecil dalam skala regional maupun nasional. Kreativitas anak muda pun iku terasah dengan hadirnya berbagai macam produk dengan pembedanya masing-masing. Tentu ini adalah angin segar bagi dunia perekonomian dalam negeri. Lagi-lagi UMKM menjadi point of view masyarakat bahkan anak muda. Lalu selanjutnya yang harus dilakukan, jangan jadikan mereka the second choice!




0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Thipposite. Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online