Pages

TIPS KRS-AN BUAT MAHASISWA FEB UGM !

Eh itu judul ke-caps lock semua ya, sengaja yee haha
Pelampiasan karena belum dapet kelas statistika I, kewarganegaraan sama Hukum Bisnis :)
Aku mau ngasih tips sedikit dari pengalaman KRS-an perdanaku semalem
Langsung aja deh

1. Cari warnet tercepat dan terdekat di wilayah kampus

Nggak usah mikir duit dulu deh, KRS cuma kejadian sekali selama satu semester, at least siapin 20.000 rupiah buat ngenet. Buat temen-temen yang punya kekuatan internet super dewa silahkan aja ngenet di rumah. Ini untung-untungan kok. Kecepatan sedewa apapun juga kalau lagi nggak untung nggak bisa login, jangankan login masuk portal aja susaaah. Pengalamanku semalem ngenet di Plaza, ini masih saudaraan sama Platinum dan ternyata sama aja susahh masuk portal. Gimana kalo login duluan sejam/dua jam sebelum KRS? silahkan saja. Tapi 5/10 menit sebelum KRS biasanya homepagenya bakal error soalnya mau dibuka KRS-nya. Jadi sama aja .__.

2. Buat Study Plan jauh-jauh sebelum KRS

Buat bukan berarti cuma njiplak mata kuliah yang direkomendasiin sama akademik lho. Resiko ngikutin apa kate akademik itu ya kehabisan kelas. Contohnya aku .__. Jadi buat study plan sendiri aja. Tapi mesti diperhatiin juga apa kata akademik, misalnya syarat yang harus diambil biar bisa lanjut semester berikutnya harus ambil apa aja. Misal Akuntansi Keuangan Menengah I buat anak akun harus diambil di semester 2, ya masukin aja AKM I ke study plan kita terus pilih dosen sama jadwal yang pas buat kita. Selain itu ada makul yang direkomendasiin akadaemik tapi sebenarnya gakpapa kalau nggak diambil di semester itu. Misal di atas itu aku dah nulis aku belum kebagian kewarganegaraan, kalau gitu harusnya kemarin aku bikin study plan yang nggak ada kewarganegaraannya tapi ganti aja sama yang lain, misal Etika Bisnis. Intinya, jangan bikin study plan yang umum! Kemungkinan nggak kebagian kelas bakal gede banget!

3. Prediksikan segala kemungkinan !

Biasanya semester genap itu tantangan buat KRS lebih tinggi daripada ganjil. Kenapa? Karena ada angkatan baru yang mau KRS-an perdana. Otomatis portal bakal bayak banget yang ngeakses. Bayangin aja 2500 kepala mengakses satu portal dalam waktu yang bersamaan! Belum lagi kalau mereka minta tolong ke orang luar buat ikut login ke portal biar mbantuin mereka, berapa kali lipat itu? Jadi diprediksi baik-baik segala kemungkinan yang bisa terjadi *bahasamu nopxD* Dan juga ini ada hubungannya sama study plan di atas, kayaknya bakal lebih mudah dapet kelas favorit kalau ngambilnya di semester ganjil, tapi ini khusus buat makul yang nggak disyaratkan lho. Contohnya kalau akun ya makul hukum bisnis, kwn, statistika dkk

4. Mata Kuliah wajib habisin dulu deh !

Ambil mata kuliah wajib dulu deh, semuanya kalo perlu. Emang harusnya sih iya ._. Makul pilihan itu nanti-nanti aja diambilnya di semester akhir. Lebih nyantai soalnya. Beratin di awal aja, soalnya di akhir-akhir tinggal mikirin skripsi, KKN ama jurnal. Tau kan aturan baru dikti? Satu jurnal untuk satu mahasiswa S1 keke.

5.  Cium tangan Ibu Bapak Kakak Adik, minta doa restu mereka

Eh penting tau! Ridho Allah itu kan Ridho orangtua! So, jangan lupaa ya :)

6.  Bersyukur !

Bersyukur kalau study plan udah bener-bener kebentuk. Siapapun dosennya apapun jadwalnya disyukuri. Banyak ni temen-temen yang nggak kebagian kelas dan harus ngajuin pembukaan kelas. Kayak aku ._. Intinya disyukuri ! Buat temen-temen yang nggak kebagian kelas juga harus bersyukur, setidaknya mereka masih bisa ngajuin kelas. Setidaknya kemungkinan bisa kuliah itu masih besar. Jadi, disyukuri aja :)

Goodluck KRS-annya :D

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Thipposite. Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online