Pages

Akhir dari Perjalanan Januari #XLFL2 #Part1


YEY ! Kemarin ane baru pulang dari National Conference XL Future Leaders Batch 2! dan sekarang ane mau cerita apa aja kegiatan disana.

Nah ane mau cerita gimana bisa masuk dari awal. 
Sama kayak seleksi leadership training lain, XL memulai seleksi dengan seleksi administrasi online dalam tahap ini ada 7783 mahasiswa dari seluruh Indonesia yang daftar. Habis itu diseleksi jadi 2000an, terus jadi 197 terus jadi 120. Karena katanya banyak yang highly recommended, akhirnya diganjilkanlah jadi 135 anak yang lolos. Seleksinya apa aja? Ada GMAT (gue bersyukur banget bisa ngerasain tes GMAT ini), English test, Focus Group Discussion and the last interview. Proses itu lama banget, dimulai dari Januari dan kelar bulan september kemarin. Dan siapa saja XLFL Batch 2 ini? Here we are ...


Senin minggu lalu, ane dapet telpon dari call center Indonesia Berprestasi persis setelah kelas AKL selesai. Dan ternyata dia minta konfirmasi kedatangan buat jumat ke Jakarta. Padahal ane aja nggak tahu kalo lolos lho. Alhasil bingung lah, mana senin ada UTS SPM pula. SPM meeen SPM fufufu. Tapi mengingat perjalanan panjang seleksi yang udah rela ngorbanin dua hari bolos kuliah, akhirnya ane ambil kesempatan ini. Dan Jumat pun tiba, XLFL2 ini kebanyakan pesertanya dari Yogya. List nama-nama yang lolos bisa lihat disini indonesiaberprestasi. Alhasil Jogja di bagi jadi dua region, yaitu Jogja 1 dan Jogja 2.

Dari obrolan sama anak-anak lain, rata-rata mereka udah berpengalaman ikut beginian. Ada yang udah ikut dari Djarum ada juga yang Astra. Dan angkatan 2011 termasuk angkatan muda di XLFL2 ini ada juga yang angkatan 2012 lolos, tapi kemarin baru nemu dua orang yang 2012. Pas udah sampe di CGK, dijemput sama LO. Dan ternyata kita nginep di Hotel Sofyan. Jad inget dulu pas masih di risbang SEF UGM, mas Rudi bilang ada hotel di Jakarta yang jadi pedoman hotel syariah di seluruh Indonesia. Yes! Itu dia Hotel Sofyan. Kalau di Jogja ada hotel Limaran, di Tebet ada hotel Sofyan. Di dalam kamarnya ada sajadah sama alkitab. Pas jam 3.20 ditelpon ... bukan telpon nyasar ... tapi telpon buat bangunin shalat tahajud. 

Pagi hari, agenda seminar dengan Pak Hasnul (CEO XL) dan Arsjad Rasjid (VP Indika Energy). Dipandu oleh Turina (VP Corp Comm XL) mereka saling sharing tentang mimpi sewaktu kecil dan proses menuju CEO seperti sekarang ini. Paling ane inget adalah ketika ada yang tanya dan Pak Hasnul menjawab, "Vision Leader." You dont need the positition to lead others, but need the power of influence. You need a goal. The other qoute on my notes, Its just all about how you package your idea. Is it fully comprehensive? You have to know the need of your audiences to get their attention. Its a good way to succes your presentation. And many lessons, the day was full of spirit to change. First... myself. 

Dan yah... cerita bagaimana Pak Arsjad dan Pak Hasnul leading orang lain bener-bener menginspirasi. Walaupun masih banyak pertanyaan di dalam diri ini yang masih belum terjawab. But the start is slowly leaving... the second meeting is already looking for me. 



Selanjutnya, ada pengenalan sekilas dari fasilitators. Fasilitators ini adalah orang-orang yang akan nemenin peserta selama dua tahun yang akan datang. Setelah pengenalan, ada sedikit perfomance dari XLFL Batch 1. Pokoknya hari Sabtu kemarin bener-bener seneng, capek, stress (inget ujian) jadi satu. Apalagi anak-anak region Jogja kompak dan heboh banget. Di bus nyanyi-nyanyi dangdutan sampe  bapak supir bisnya juga excited sendiri. Kompak banget lah pokoknya. 

Region Jogja
XL Future Leaders ini adalah bagian dari CSR XL khusus di bidang pendidikan terutama untuk mahasiswa. Di Malaysia, pelatihan seperti ini diberikan pada anak usia 13 tahun. Anak usia 13 tahun di Malaysia sudah punya cita-cita dan passion mereka udah kuat. Sedangkan di Indonesia, dari analisis pihak XL sendiri Indonesia baru siap untuk diberikan pelatihan seperti ini pada saat duduk di bangku kuliah. So, itulah alasan mengapa XLFL diperuntukan untuk mahasiswa. 

Representatif XLFL Batch 1
*** bersambung

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Hei! :D
Mana sambungannya? Tulis lg dong :3
Th kmrn aku jg ikut seleksi yg batch 3 d region semarang, tp g llos .. haha
th dpn pngen cb ikutan lg akh ~ lalalaaa

Noviati Wani Wibawati mengatakan...

Udah lama banget hiatus dari blog ni. Belum kepikiran mau ngelanjutin ni. Sekitar 10 bulanan lagi mau graduating juga dari program, mungkin pas itu kali ya nulis lagi haha. Thanks for visit!

Posting Komentar

 

Copyright © Thipposite. Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online